4 Usaha Modal Kecil Ini Bisa Bantu Kegalauanmu!

Mendirikan sebuah usaha sering kali terkendala dengan yang namanya modal. Tak sedikit orang yang berpikir jika usaha membutuhkan modal yang besar, padahal ada usaha modal kecil bahkan usaha tanpa modal yang jika ditekuni dan dikerjakan dengan kesungguhan akan mendatangkan keuntungan yang lumayan besar. Usaha-usaha yang masuk dalam kategori ini biasanya hanya membutuhkan smartphone sebagai modal utama. Hampir semua orang memiliki alat komunikasi tersebut, sehingga hampir siapa saja juga bisa menjalankan usaha jenis ini. Lantas usaha apa saja yang seang tren di kalangan pengguna smartphone saat ini? Simak ulasannya dibawah ini!

  1. Toko online

Membuat sebuah toko online merupakan salah satu jenis usaha modal kecil yang pertama. Namun jika Anda tak bisa membuat website sendiri karena kurangnya modal atau ketrampilan, masih ada jasa situs jual beli online atau marketplace seperti BukaLapak atau Tokopedia bahkan Shopee yang bisa Anda manfaatkan. Selain itu, Anda juga bisa membangun sebuah online shop dengan hanya bermodalkan akun media sosial.

Memiliki akun online shop juga tak mengharuskan Anda memproduksi barang yang akan Anda jual secara mandiri. Sehingga Anda yang terkendala modal tetap bisa menjalankan bisnis ini. Anda bisa memnfaatkan sistem dropship sebagai jalan keluar terbaik. Dengan menjadi dropshipper, Anda hanya memerlukan koneksi dengan pihak yang menyediakan barang dagangan lalu mempromosikannya ke calon konsumen. Ketika ada order, penyedia barang lah yang akan mengirimkan barang orderan tersebut atas nama dropshipper.

4 Usaha Modal Kecil Ini Bisa Bantu Kegalauanmu!

  1. Jasa Titip

Anda pernah merasa kecewa karena menginginkan sesuatu tapi tak bisa mendapatkannya karena kendala jarak? Misalkan ingin mendatangi suatu pameran buku namun tempatnya terlalu jauh sehingga buku pun tak bisa Anda dapatkan. Atau mungkin Anda menginginkan suatu barang namun toko atau gerainya tak tersedia di kota Anda? Dengan kecanggihan teknologi dan media sosial yang ada, kekecewaan Anda sudah tak perlu Anda rasakan.

Tak sedikit orang yang bisa membantu Anda dengan menawarkan jasa titip atau jastip. Jastip juga merupakan salah satu dari sekian banyak usaha modal kecil yang bisa Anda coba jalankan. Anda bisa mendapatkan penghasilan dari fee yang dibayaran oleh konsumen atau orang yang titip barang kepada Anda tersebut. Berbagai barang bisa masuk dalam list jastip ini, misalkan oleh-oleh yang sedang hits, baju atau barang fashion bermerk hingga buku-buku diskon yang di suatu pameran besar.

  1. Jasa Endorse

Anda memiliki akun media sosial dan follower melimpah? Bisnis jasa endorse mungkin cocok untuk Anda jalankan. Pundi-pundi uang bisa Anda peroleh melalui usaha modal kecil bahkan tanpa modal ini. Tarif yang dipatok untuk penyedia jasa endorse sangat beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan untuk sekali posting di media sosial seperti Instagram. Banyak artis yang sudah merambah bisnis ini. Mereka memanfaatkan ketenaran dan follower untuk menghasilkan uang tambahan. Bahkan, menurut sebuah data Captiv8, di Amerika Serikat, muncul angka yang mencengangkan di bisnis ini. Pasalnya, pengguna media sosial yang memiliki pengikut hingga 3-7 juta bisa mematok harga rata-rata US$93.750 per status Facebook dan US$75.000 per post di Instagram atau Snapchat.

  1. Jasa Make Up Artis

Usaha modal kecil yang terakhir yaitu jasa make up artis. Anda bisa mempromosikan jasa Anda melalui postingan di media sosial. Jika sudah memiliki nama, bukan hal mustahil jika Anda bisa mematok harga hingga jutaan rupiah untuk sekali merias. Selain media sosial, tentu Anda harus benar-benar memiliki keahlian serta ditunjang dengan alat make up yang lengkap.