5 Kesalahan yang Lazim Dilakukan Saat Belanja Online

Tanpa bisa dipungkiri, shopping murah alias belanja online murah memang menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan dan mampu mengubah mood seseorang. Perasaan senang ini semakin memuncak seiring hadirnya berbagai situs jual beli online yang memungkinkan Anda untuk belanja online aman dan murah.

Namun, kegiatan menyenangkan ini kerap kali berubah menjadi hal yang mengecewakan ketika terjadi kasus seperti barang yang terlambat sampai, atau produk yang tidak sesuai deskripsi.  Kita sebenarnya tidak bisa serta-merta menyalahkan si penjual. Sebaliknya, kita seharusnya mulai berhenti melakukan 5 kesalahan yang lazim dilakukan saat belanja online berikut ini.

1.      Belanja Secara Acak di Sembarang Online Shop

Manusia zaman sekarang memang mencintai hal-hal yang super praktis. Banyak diantaranya yang tidak mau menyeleksi situs belanja online terpercaya seperti Blanja.com terlebih dahulu. Konsumen atau para shopper ini biasanya hanya melakukan pencarian di Google mengenai barang yang hendak dibeli lalu melakukan transaksi tanpa pilih-pilih dulu. Hal ini tentu merupakan kesalahan terbesar. Jika anda berbelanja di Blanja ada jaminan uang kembali jika barang yang anda inginkan tidak sesuai dengan barang yang di tawarkan atau di kirimkan kepada anda.

2.      Langsung Tergiur oleh Harga yang Murah

Siapa sih yang bisa nolak saat dihadapkan dengan situs belanja online murah? Pasti langka sekali orang yang mau menolaknya. Pembeli pun umumnya langsung melakukan transaksi tanpa pikir panjang. Padahal, seharusnya Anda juga memperkirakan apakah itu situs belanja online aman atau tidak?

Kendati demikian, kita tidak berhak juga menyebut bahwa situs belanja online terpercaya itu selalu mematok harga yang tinggi. Anda hanya perlu jeli melihat sebab dari harga murah tersebut. Umumnya, online shop akan melakukan promo pada hari tertentu, dan itu wajar.

Toko Online Terpercaya

3.      Tidak Membudayakan Membaca Deskripsi Produk

Kebanyakan dari pelaku belanja online murah mudah terbuai hanya oleh gambar produk yang disediakan. Pembeli malah melupakan hal penting yakni deskripsi produk tersebut. Kesalahan inilah yang kemudian membuat para pembeli merasa bahwa produk yang dibeli tidak sama persis dengan barang aslinya.

4.      Tidak Menyimpan Bukti Transfer

Dalam hal jual-beli online, bukti transfer atau bukti pembayaran merupakan hal yang sangat rentan. Jika Anda merasa bahwa Anda telah memilih tempat belanja online terpercaya, Anda tetap tidak disarankan untuk membuang bukti pembayaran begitu saja. Jika Anda ingin belanja online aman dan terhindari dari kendala, maka simpanlah bukti transfer itu sampai barang mendarat ke rumah.

  1. Tidak Mengenal Produk yang Ingin Dibeli

Berhubungan dengan deskripsi produk, biasanya penjual menuliskan detail seperti bahan yang digunakan, ukuran, dan warna. Untuk masalah ukuran dan warna tentu tidak jadi masalah namun berbeda dengan bahan. Ketidaktahuan akan jenis-jenis bahan ini yang membuat belanja online murah Anda menjadi gagal total dan Anda merasa ditipu, padahal tentu saja tidak.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para pembeli. So, intinya, kita tidak seharusnya mengkhawatirkan penjual secara berlebihan karena belanja online aman dan belanja online terpercaya dapat kita rasakan dari bagaimana sikap kita sebagai pembeli.