6 Daftar Menu Masakan Sehari-Hari untuk Keluarga

6 Daftar Menu Masakan Sehari-Hari untuk Keluarga

Menu makanan lebih sehat bila dimasak sendiri. Selain menyehatkan, menu yang dibuat juga dapat diselaraskan dengan selera serta lebih hemat memasak sendiri. Meski dibuat sendiri, juga harus memperhatikan variasi menu masakan sehari-hari untuk keluarga agar tidak membosankan. Adanya variasi rasa dan bahan utama juga harus diperhatikan untuk pemenuhan gizi. Berikut uraiannya!

  1. Sop Bening

Menu masakan berbahan dasar sayuran dan dapat dipilih dari berbagai macam sayuran seperti bayam, kubis, sawi putih , labu siam dan lainnya. Menu ini lebih cocok disajikan untuk menu makan malam karena berkuah dan sedikit bumbu. Sayuran dengan kuah dan sedikit bumbu, mampu  membantu  melancarkan proses pencernaan saat tidur.

Cara memasaknya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan semua bahan lalu dicuci bersih. Pisahkan sayur dan bumbu untuk diproses secara terpisah. Dahulukan bumbu berupa cabai, bawang merah, bawang putih yang sudah dipotong kemudian ditumis sebentar. Masukkan sayuran hingga layu kemudian tambahkan gula dan garam, ditunggu hingga matang.

  1. Oseng Tempe Buncis

Menu satu ini pas disajikan saat siang hari. Berbahan tempe dan sayuran buncis dengan porsi yang  seimbang. Menu yang mengandung serat sekaligus protein. Cara memasaknya yang dioseng  lebih menggugah selera setelah melakukan aktivitas yang menguras tenaga. Disajikan dengan nasi hangat, menu ini terasa lebih membuat lahap bagi yang menyantapnya.

  1. Tumis Kangkung

Sama seperti sebelumnya, menu ini lebih cocok disajikan di siang hari. Aroma tumis kangkung yang membuat makan semakin lahap setelah melakukan kegiatan. Kangkung yang  kaya akan gizi ini juga menjadi menu masakan favorit yang juga mudah didapatkan. Anda juga bisa menanamnya sendiri di pelataran rumah untuk lebih menjamin sayur yang higienis.

Tumis kangkung banyak digemari karena terdapat sensasi rasa kriuk di bagian batangnya berpadu dengan daunnya yang lembut. Cara memasaknya  mudah hanya perlu mencuci bersih semua bahan termasuk bumbu, memotongnya. Tumis bumbu  terlebih  dahulu hingga aromanya  wangi, kemudian masukkan sayur dan tunggu hingga matang.

  1. Sayur Bayam

Sayur bayam yang kaya akan zat besi, cocok disajikan bagi Anda yang kekurangan zat besi, atau  Anda yang  sedang masa menstruasi. Penyajiannya  dapat dibuat dalam menu sayur bayam bening yang berkuah dengan sedikit bumbu. Dapat digunakan untuk menu makan pagi dan makan malam, bisa menambahkan jagung  manis untuk menambah cita  rasa.

Menu satu ini banyak digemari karena cara memperolehnya yang mudah, tersedia di pasar tradisional dan modern. Cara memasakanya sama seperti ditumis, namun perlu menambahkan air yang ditunggu hingga mendidih. Memasak sayur bayam tidak boleh  sampai matang karena akan mengurangi atau menghilangkan gizi yang terkandung dalam bayam itu sendiri.

  1. Sayur Asem

Masih dengan menu berbahan sayur namun memiliki  cita rasa yang cenderung asam. Sayur yang dibuat sesuai selera, dapat berbahan satu sayur, dapat juga dikombinasikan dengan macam-macam sayur seperti  kubis, labu siam, buncis,  sawi putih, jagung manis dan lainnya. Cocok disajikan saat siang hari dengan pelengkap sambal untuk menambah  selera makan.

  1. Pecel

Menu  makanan berbahan sayuran yang kaya akan bumbu ini awalnya berasal dari Jawa Timur. Sayur yang digunakan untuk membuat menu ini berupa bayam, tauge, mentimun, sawi, kangkung dan masih banyak lagi. Kombinasi sayuran ini tak hanya untuk menambah selera makan dan tekstur makanan namun juga kaya akan gizi karena kandungan gizi yang  berbeda.

Aneka sayuran yang  terkadang dimasak setengah matang ini dilengkapi dengan bumbu  kental berbahan dasar kacang. Anda bisa mengganti  bumbu kacang dengan bumbu lainnya jika terdapat alergi, atau harus menghindari. Namun bukan lagi pecel jika mengganti bumbunya. Karena ciri khas dari pecel, selain terbuat  dari aneka sayuran, juga dilengkapi bumbu kacang.

Itulah menu  masakan sehari-hari untuk keluarga yang sederhana sekaligus menyehatkan. Anda bisa menambah pilihan menu dari bahan dasar yang berbeda seperti ikan, ayam, tahu, jamur dan lainnya. Menu masakan yang dibuat bervariasi setiap harinya akan menambah keluarga Anda lebih berselera dalam makan dan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.