7 Langkah Bijak Orang Tua dalam Membangun Karakter Anak

Langkah Bijak Orang Tua dalam Membangun Karakter AnakMenjadi orang tua ideal untuk anak memang tidak mudah, namun prosesnya tentu sangat menyenangkan. Salah satunya adalah mampu membangun karakter anak menjadi pribadi yang tulus, taat, serta mampu memposisikan dirinya dengan baik di setiap situasi dan kondisi. Inilah 7 langkah bijak yang dapat dilakukan orang tua demi pembangunan karakter anak yang luar biasa.

  1. Memberikan Kasih Sayang

Memberikan pengertian dan pendidikan kepada anak mengenai karakter memang tidaklah mudah. Sebagai langkah awal, orang tua perlu memberikan kasih sayang tulus dan nyata untuk anak. Efek positif kasih sayang sangatlah mendasar agar hati anak menjadi lembut dan ia tumbuh dalam lingkungan keluarga yang harmonis. Perasaannya akan selalu tenang dan bahagia.

Anak terhindar dari stres, takut, dan trauma. Dengan kondisi psikologis yang selalu baik, anak akan mampu berdamai dengan orang tua dan berperilaku sesuai aturan. Hubungan orang tua dan anak juga akan selalu baik di setiap waktu.

  1. Mengajarkan Sikap Menghormati dan Menghargai

Orang tua juga perlu memberikan pemahaman kepada anak akan pentingnya sikap menghormati dan menghargai. Kedua sikap ini dilandasi dengan rasa yang tulus. Apabila sejak kecil diberikan pemahaman dan contoh bagaimana cara menghormati dan menghargai orang lain, anak bisa menjadi pribadi yang bertoleransi.

Karakter semacam ini penting agar tidak merendahkan orang lain, mempunyai banyak teman, damai dalam hidup berdampingan, dan ia juga akan dihargai. Jadi, sangat penting untuk menanamkan tata krama, sopan santun, dan menerima perbedaan.

  1. Menjadi Role Model

Dalam rangka membentuk karakter anak, orang tua perlu menjadi role model bagi buah hatinya. Berpedoman pada ungkapan bahwa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, sudah tentu perilaku anak tidak jauh berbeda dari orang tuanya.

Jika ingin membangun karakter baik, maka jadilah contoh atau teladan bagi si kecil. Usahakan melakukan berbagai hal dengan baik. Sebagai contoh, Anda bersikap jujur dan disiplin, tentu anak akan berperilaku seperti itu. Jika Anda menghormati orang tua, maka anak juga akan menghormati kakek neneknya dan juga Anda sebagai orang tuanya.

  1. Memberikan Pengertian Hak dan Kewajiban

Memberitahukan kepada anak tentang hak dan kewajibannya tentu menjadi sebuah keharusan. Semua itu dilakukan demi kebaikan anak. Mereka jadi memahami apa saja hak dan kewajibannya serta bagaimana cara menghargai hak dan kewajiban orang lain.

Anda bisa membantu mereka memenuhi hak dan mendidik mereka untuk selalu melakukan kewajibannya di beberapa hal. Dengan mengetahui kedua hal ini, anak akan berusaha dan terbiasa memenuhi kewajibannya dan membatasi diri kepada hal yang bukan haknya.

  1. Mendidik Kedisiplinan dan Kemandirian

Sikap disiplin dan mandiri merupakan bekal utama. Disiplin akan mengantarkan pada konsistensi perilaku dan menghargai waktu. Tujuan dan cita-cita akan tercapai apabila melakukan segala hal secara disiplin. Kemandirian juga sangat penting terkait dengan kemampuan anak mengatur diri, mengambil keputusan, dan menyelesaikan persoalannya.

  1. Menjadi Pendengar yang Baik

Sebagai orang tua, Anda juga harus siap menjadi pendengar yang baik. Artinya, jadilah orang tua sekaligus sahabat bagi anak. Bagaimanapun juga, bersikaplah lembut dan dengarkan keluh kesah mereka.

Setelah anak selesai berbicara, barulah Anda memberikan tanggapan dan saran yang baik dan tidak menggurui. Berikan pilihan saran, sehingga nanti anak bisa memilih sesuai pendapatnya. Jika kurang tepat, maka luruskanlah. Hal ini juga akan menuntun anak pada sikap kemandirian.

  1. Tidak Membandingkan Anak

Poin terakhir ini juga tak boleh ketinggalan. Anda tidak boleh membandingkan anak yang satu dengan lainnya atau dengan siapapun juga. Hal ini akan membunuh perasaan anak dan berakibat pada kekecewaan anak terhadap Anda. Mereka beranggapan bahwa Anda tidak sayang padanya dan terlihat menuntut. Berikanlah kepercayaan, tunjukkan rasa bangga, dan gali potensinya.

Membangun karakter anak yang baik memang harus dimulai sejak dini. Sangat penting bagi orang tua untuk menerapkan semua langkah bijak di atas. Jadi, jangan lupa melakukan pendekatan dengan anak agar tercipta ikatan emosional yang erat. Dengan demikian, anak bisa bersikap terbuka dan bersahabat. Anda lebih mudah mengarahkannya.