7 Sisi Baik Mengonsumsi Kopi Hijau untuk Kesehatan

7 Sisi Baik Mengonsumsi Kopi Hijau untuk Kesehatan

Selain kopi hitam, tersedia kopi hijau yang merupakan biji kopi belum dipanggang. Karena itu, kandungan asam klorogenik yang umumnya hilang jika kopi dipanggang, justru masih tetap ada. Adanya kandungan asam klorogenik yang optimal akan mendukung kondisi kesehatan tubuh. Berikut inilah 7 sisi baik dari mengonsumsi green coffee.

  1. Melancarkan Proses Metabolisme

Manfaat pertama adalah terkait dengan sistem metabolisme. Green coffee yang kaya dengan asam klorogenik akan meningkatkan fungsi metabolisme tubuh. TMB (Tingkat Metabolisme Basal) tubuh akan meningkat signifikan, sehingga meminimalkan pelepasan glukosa yang berlebihan dari hati ke darah.

Saat glukosa berkurang, tubuh akan membakar lemak yang tersimpan guna memenuhi kebutuhan glukosa. Dengan demikian, proses pembakaran lemak akan lebih optimal. Secara otomatis, green coffee mencegah terjadinya obesitas.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang teratur dan stabil tentu akan melancarkan semua sistem dalam tubuh. Menurut sebuah studi, konsumsi green coffee akan menurunkan tekanan darah tinggi. Cara kerjanya adalah dengan menghambat pembentukan hormon kortisol sebagai penyebab meningkatkan tekanan darah. Alhasil, elastisitas arteri meningkat, sehingga tekanan darah bisa turun.

  1. Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang berlebihan sudah pasti tidak baik. Ekstrak green coffee akan mengatasinya yaitu mampu melawan obesitas dengan menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Ekstrak ini juga mampu menjadi suplemen penurun berat badan yang dapat diandalkan. Jadi, tak heran jika banyak pihak yang menggunakan green coffee untuk program diet.

  1. Melawan Radikal Bebas

Green coffee ini juga sangat kaya akan zat antioksidan yang membuatnya mampu melawan radikal bebas secara optimal. Berdasarkan penelitian, biji green coffee yang mentah dan belum diolah mempunyai 100% asam klorogenik murni yaitu ester asam caffeic yang mempunyai sifat antioksidan kuat. Berkat kandungan zat tersebut, kopi ini dapat menjaga tubuh dari radikal bebas.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Risiko diabetes dapat diminimalisir dengan mengonsumsi green coffee dalam jumlah yang wajar. Ekstrak biji green coffee akan menurunkan kadar gula dalam darah yang terlampau tinggi. Percepatan penurunan berat badan juga menjadi salah satu efeknya. Dengan khasiatnya ini, Anda akan terhindar dari risiko diabetes. Untuk penderitanya, diabetes dapat disembuhkan bertahap.

  1. Mengurangi Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat dapat menyebabkan gangguan jantung, obesitas, dan terganggunya sirkulasi darah. Seluruh risiko kesehatan itu bisa dikurangi kemungkinannya melalui konsumsi green coffee. Kadar kolesterol dapat diturunkan karena dapat dihilangkan secara optimal dengan kandungan zat di dalam ekstrak biji green coffee.

  1. Mengoptimalkan Proses Detoksifikasi

Proses detoksifikasi secara alami dapat dioptimalkan dengan mengonsumsi green coffee. Minuman penghilang racun secara alami ini tergolong efektif. Kopi ini akan membersihkan organ hati dari racun, misalnya lemak dan kolesterol jahat. Saat hati sudah bersih dari racun, fungsinya akan normal dan optimal untuk proses detoksifikasi.

Demikianlah berbagai manfaat mengonsumsi kopi hijau untuk kesehatan. Anda dapat menyeduh bubuknya dan menikmati dalam kondisi hangat ataupun dingin. Jika ingin memvariasikan rasa dan menambah sensasi, maka bisa tambahkan susu kental manis cokelat atau krem cokelat.