Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Gizi Untuk Kucing?

Agar kucing tumbuh sehat, kamu harus senantiasa memenuhi kebutuhan akan gizinya. Gizi untuk kucing bermacam-macam dan jumlahnya tergantung pada kondisi tertentu.Terkadang, kondisi tertentu menuntut gizi khusus yang harus dipenuhi, misalnya saat hamil, ketika masih kecil, dan lain sebagainya.Tentu sebagai pecinta kucing kamu harus tahu itu, apalagi kalau kamu merawat kucing sendiri di rumah.Untuk itu, artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat terkait pemberian gizi yang dibutuhkan oleh kucing termasuk pada kondisi tertentu.

Kebutuhan Gizi untuk Kucing Tua

Ketika kucing sudah semakin tua, biasanya ia akan menjadi kurang aktif. Selain itu, organ vital juga mulai memburuk kondisinya.Itulah kenapa kebutuhan protein juga berkurang, tidak seperti saat masih kecil atau dewasa. Jika kamu memberikan pola makan yang sama seperti saat masih muda, maka bisa terjadi kelebihan protein yang berakibat buruk pada organ vital. Jika kucing muda membutuhkan protein 40% berat kering, kucing yang sudah tua hanya membutuhkan 30% saja.Namun, lemak yang dibutuhkan semakin tinggi untuk memberi energy lebih. Selain itu, kucing yang tua juga harus menghindari gula dan tepung karena susah dicerna. Jadi, gizi untuk kucing tua harus benar-benar diperhatikan.

Kebutuhan Gizi untuk Kucing Hamil

Untuk mengetahui kehamilan pada kucing, tidak bisa dilihat melalui perutnya yang mulai nampak besar.Akan tetapi, kehamilan kucing biasanya dilihat dari dampak tuntutan makanan yang semakin banyak.Jika kucing pada kondisi biasa hanya perlu makan 2 kali sehari, kucing hamil bisa minta jatah makan hingga 4 kali sehari. Namun, jumlah total makanan kucing yang kamu berikan tidak boleh lebih dari 1/3 jumlah makanan sebelum hamil. Agar kehamilan tumbuh baik, sediakan makanan dengan gizi yang baik pula. Kebutuhan akangizi untuk kucing hamil memang meningkat selama periode kehamilan.Cara Memenuhi Kebutuhan Gizi Untuk Kucing

Kebutuhan Gizi untuk Kucing Menyusui

Berbeda dengan saat dalam kondisi normal, kucing yang sedang menyusui memerlukan asupan makanan yang benar berkualitas agar bisa memenuhi kebutuhan susu untuk anak-anaknya. Oleh karena itu, kucing yang sedang menyusui perlu makan 2 kali lipat atau lebih dari kondisi biasa.Meskipun porsi makanannya tidak terlalu banyak, namun kandungan gizi untuk kucing harus benar-benar tinggi.Kamu bisa membeli makanan khusus kucing menyusui di petshop.Jika terjadi masalah, segera hubungi dokter hewan karena jika tidak, bisa berdampak besar buka hanya bagi induk tetapi juga anaknya yang masih kecil.

Kebutuhan Gizi untuk Anak Kucing

Selama 3 atau 4 minggu pertama, anak kucing yang masih sangat kecil akan menyusu ke induknya. Ketika sudah mulai mencicipi makanan induknya, artinya anak kucing sudah hampir siap disapih. Namun, induknya masih akan terus merawatnya hingga biasanya umur 3 bulan. Ketika anak kucing umur 8 minggu, pemilik kucing harus mulai memberikan makan sendiri.Tentu saja, gizi untuk anak kucing berbeda dengan kucing dewasa.Pola makan harus dijaga dan penuhi kebutuhan gizinya dengan baik.Agar lebih mudah, kalian bisa membeli makanan khusus anak kucing sesuai usianya di petshop.

Lalu, seberapa banyak & sering kamu harus memberi makan pada anak kucing? Untuk anak kucing usia sekitar 8 minggu, sebaiknya lebih sering diberi makan sedikit-sedikit. Jika dengan makanan kering, kamu bebas memberinya makan terus-menerus.Namun, semakin beranjaknya dewasa, kamu harus mengurangi porsi makannya pelan-pelan. Dari 4 kali sehari, kurangi menjadi 3 kali sehari hingga setelah dewasa menjadi 2 kali sehari saja, atau ketika sudah berusia 6 bulan.

Kebutuhan Gizi untuk Kucing Dewasa

Saat kucing sudah dewasa dan masih muda, ia sedang dalam tahap aktif-aktifnya. Banyak pemilik yang memberinya makan 2 kali sehari atau 1 kali makan utama dan 1 kali snack.Hal ini tergantung pada aktivitas si kucing sendiri.Kamu bisa memberinya makan setiap pagi dan sore atau malam.Karena kucing dewasa muda sangat aktif, pastikan gizi untuk kucing terutama karbohidrat dan lemak terpenuhi maksimal agar energi dapat terjaga terus.

Deskripsi: Gizi untuk kucing harus selalu terpenuhi termasuk pada situasi tertentu atau khusus seperti saat usia tua, anak-anak, dewasa, dan bahkan saat hamil & menyusui.