Cara Aman Beli Tanah Yang Mendatangkan Keutungan

Cara Aman Beli Tanah Yang Mendatangkan KeutunganTanah merupakan salah satu properti yang bisa dijadikan sebagai investasi yang cukup menguntungkan dan memiliki peminat cukup banyak. Tidak sedikit masyarakat yang mulai untuk mencari tanah dijual di Bogor untuk dijadikan sebagai investasi yang akan dijual kembali atau akan dibangun rumah diatasnya. Nilai jual tanah yang tidak pernah mengalami penurunan membuatnya memberikan keuntungan yang sangat besar. Kamu bisa membeli tanah dan menjualnya kembali 2 hingga 5 tahun kedepan untuk mendapatkan keuntungan berlimpah. Kamu tidak perlu repot melakukan ragam perawatan yang berarti, cukup dengan membayar pajak setiap tahun saja.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba memulai investasi atau mencari tanah ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini. Mengingat saat ini semakin banyak kasus persengketaan lahan dan tanah.

Periksa Kondisi Lahan

Pastikan untuk datang langsung ke obyek tanah yang akan kamu beli ditemani oleh penjual yang membawa kelengkapan surat tanah. Periksa tanah mulai dari kontur hingga potensi tanahnya. Bila tanah termasuk tanah bergerak maka sebaiknya kamu mencari lokasi lain, karena umumnya tanah yang bergerak tidak akan baik untuk mendirikan bangunan diatasnya. Selain itu perhatikan lokasi tanah, apakah berada di lokasi dan kawasan strategis. Semakin bagus lokasi tanah maka keuntungan yang akan kamu dapatkan akan semakin berlipat. Bila terletak di pinggir jalan pastikan tanah tersebut tidak termasuk dalam perencanaan pelebaran jalan atau kemungkinan buruk lainnya.

Periksa Kelengkapan Dan Keabsahan Surat

Sebelum melanjutkan ke transaksi pembelian tanah dijual di Bogor pastikan bahwa surat – surat tanah yang dibawa oleh penjual masih lengkap dan legal. Bila tanah tersebut memliki sertifikat, maka periksa sertifikatnya apakah sudah berpindah tangan atau belum, kamu bisa meminta SKPT atau Surat Keterangan Pendaftaran tanah di kantor kelurahan. Usahakan sertifikat tercantum nama penjual sendiri agar proses jual beli menjadi lebih mudah. Hindari untuk membeli tanah yang tidak memiliki sertifikat karena tidak menutup kemungkinan tanah tersebut milik pemerintah dan akan mengalami penggusuran suatu haru nanti.

Lakukan Pemeriksaan Oleh Ppat

Gunakan jasa PPAT ubtuj nenastkan keaslan dan keabsahan sertifikat tanah yang akan kamu beli. PPAT akan melakukan pemerisaan keaslian sertifikat tersebut ke BPN atau Badan Pertanahan Nasional. Hal ini dilakukan untuk memastikan sertifikat tersebut asli atau tidak, apakah sedang dijadikan sebagai angunana atau jaminan atas pinjaman.

Buat Akta Jual Beli

Bila sertifikat tanah sudah dinyatakan absah dan legal atau tidak memiliki masalah dalam hal apapun maka selanjutnya yang harus dilakukan ialah membuat AJB atau Akta Jual Beli oleh PPAT. Untuk membuat akta ini kamu biasanya akan diminta untuk mengumpulkan persyaratan berikut beberapa diantaranya :

  1. Bukrtik pembayaran PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan selama 5 tahun terakhir
  2. Sertifikat tanah asli untuk diperiksa kembali dan untuk keperluan balik nama
  3. Surat izin mendirikan bangunann
  4. Surat roya dari bank ( bila tanah masih dibebani hak tanggungan atau hipotik.

Balik Nama Sertifikat Tanah

Setelah PPAT menyelesaikan tugasnya untuk membuat AJB, ia akan menyerahkan berkas tersebut ke BPN untuk diurus balik nama sertifikat tanah yang dibeli. Kamu perlu menyerahkan beberapa berkas kembali dan ini dilakukan paling lambat 7 harus setelah penandatanganan AJB agar bisa segera diproses. Umumnya akan memakan waktu selama 2 minggu setelah penandatanganan AJB untuk mendapatkan balik nama sertifikat yang sah. Syarat – syarat yang harus kamu kumpulkan diantaranya :

  1. Surat Permohonan Balik nama yang sudah ditandatangani oleh kamu selaku pembeli
  2. Sertifikat asli dan AKB atau Akta Jual Beli
  3. KTP penjual dan pembeli tanah
  4. Bukni pelusanan membayar PPh
  5. Bukti pelunasan membayar BPHTB

Urus Pajak

Setelah menjalankan semua prosedur dan proses membeli tanah diatas maka hal yang harus dilakukan terakhir ialah mengurus pembayaran pajak melalui PPAT atau kamu bisa membayarnya sendiri.

Nah bagi kamu yang memiliki rencana untuk membeli sebidang tanah untuk dijadikan sebagai investasi maka sebaiknya perhatikan dan pahami tips dan langkah – langkah yang sudah diuraikan diatas agar transaksi yang kamu lakukan aman dan tidak terdapat masalah. Masalah sengketa lahan danmasalah lainnya bisa kamu antisipasi sejak awal. Lakukan proses jual beli dengan hati – hati dan teliti, hindari untuk menggunakan jasa calo atau pihak ketiga. Lakukan prosesnya sendiri bersama penjual hingga selesai. Hindari melakukan transaksi jual beli tanah dengn obyek tanah aynag sedang disengketakan, warisan atau yang dijadikan sebagai jaminan atas pinjaman. Jangan pernah tergesa –gesa untuk melakukan investasi baik itu rumah ataupun tanah.

Itulah informasi yang diulas pada kesempatan kali ini. Semoga ulasan diatas dapat memberikan solusi dan pencerahan bagi kamu yang akan atau memiliki rencana untuk membeli tanah dijual di Bogor. Yuk berinvestasi sekarang juga, pikirkan masa depanmu, buat menjadi cerah dan lebih bahagia.