Cara Tepat Memahami Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Berdasarkan Jenis Partainya

Salah satu jenis olahraga sederhana yang dapat dilakukan siapa saja baik wanita dan pria, baik orang dewasa maupun anak anak adalah olahraga bulu tangkis atau yang juga sering dikenal sebagai olahraga badminton. Olah raga ini menggunakan alat bantu raket dan juga kwok yang terbuat dari bulu angsa. Didalam bermain bulu tangkis ini sendiri terdapat area main atau yang disebut dengan lapangan bulu tangkis yang harus diukur berdasarkan perhitungan yang tepat dan memenuhi standart. Mungkin tidak semua pemain bulu tangkis paham akan ukuran lapangan yang digunakan padahal ini sangat penting untuk anda ketahui jika saja anda ingin menjadi pemain bulu tangkis profesional yang cerdas. Untuk anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai ukuran lapangan bulu tangkis maka langsung saja simak ulasan yang ada dibawah ini.

Mengetahui Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran lapangan bulu tangkis ini dibagi ke dalam 2 bagian atau wilayah yang ditengahi oleh net sebagai pembatasnya. Untuk ukuran lapangannya sebenarnya berbeda beda dan itu semua tergantung dari partai yang digunakan. Untuk permainan partai tunggal putra maka ukuran lapangan arena bulu tangkis yang diperlukan lebar lapangan yang mencakup garis dalam serta bagian kiri dan juga kanan dan untuk panjangnya mencakup garis luar. Kemudian berbeda dengan ukuran lapangan partai tunggal putri yang panjangnya mencakup garis dalam saja dan untuk lebarnya mencakup garis luar.

Kemudian ukuran lapangan bulu tangkis untuk partai ganda putra dan partai ganda putri ukuran lapangannya sama yaitu dengan lebar lapangan yang mencakup garis luar bagian kiri dan kanan saja dan untuk panjangnya hanya meliputi garis luar. Selanjutnya ukuran lapangan bulu tangkis untuk partai campuran yaitu lebar lapangannya mencakup garis luar bagian kiri dan juga kanan serta panjangnya mencakup bagian luar.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Jadi keseluruhan ukuran lapangan bulu tangkis dapat disimpulkan bahwa panjang lapangan yang digunakan standarnya adalah 13,41 m. Kemudian untuk lebar standarnya adalah 6,10 m. Untuk ukuran batas tepi lapangan bagian depan adalah 0,46 m lalu batas tepi bagian samping adalah 0,76 m. Untuk ukuran batas luar samping adalah 6,7 m.

Jika ukuran lapangan bulu tangkis ini sudah anda ketahui maka anda juga harus mempelajari ukuran ukuran yang lainnya seperti ukuran net yang digunakan adalah 155 cm atau setara dengan 1,55 m dengan lebar jala 1 m. Meski sangat sederhana namun mengetahui berapa ukuran lapangan bulu tangkis tersebut sangatlah penting terlebih saat ini para pelajar juga masih diberi banyak soal soal latihan bidang jasmani yang mencakup ukuran lapangan untuk olahraga bulu tangkis ini. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui mengenai ukuran bagian bagian lapangan yang dapat diketahui berdasarkan jenis partainya.