Ingin Membuat Rumah? Jawablah 6 Pertanyaan Ini Terlebih Dahulu

Ingin Membuat Rumah? Jawablah 6 Pertanyaan Ini Terlebih DahuluPada zaman sekarang, kita dapat memiliki rumah dengan mudah. Banyak pengembang yang menawarkan rumah-rumah dari berbagai tipe. Namun, beberapa dari kita mungkin lebih suka membuat rumah dibanding langsung membelinya. Sah-sah saja bila kita menginginkan hal seperti itu. Namun, pastikan kita sudah mempertimbangkan keputusan kita dengan benar. Sebelum memutuskan untuk membuat rumah, pikirkan dahulu 6 pertanyaan berikut.

  1. Apakah kita dapat menanggung biayanya?

Banyak artikel yang menuliskan bahwa biaya pembuatan sebuah rumah sangat terjangkau. Namun, artikel tersebut mungkin saja sengaja menarik pelanggan dengan tawaran harganya. Padahal, kita harus mempertimbangkan biaya pembuatan rumah yang tidak dirincikan di sana. Misalnya seperti harga kayu yang murah pada saat ini. Namun, bila pembuatan rumah kita tertunda, bisa saja harganya menjadi berubah. Masalah lainnya ialah ketika kita berpikir tanah kita sudah siap dibangun. Ternyata, harus ada beberapa pekerjaan dahulu sebelum membangunnya. Misalnya bila harus menebang pohon, meratakan tanah, dan lain sebagainya. Pekerjaan-pekerjaan tersebut tentu membutuhkan tambahan biaya.

  1. Apakah kita dapat bersabar dan menunggu?

Dibandingkan membeli rumah siap huni, membuat rumah membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu, selama proses pembuatan rumah, mungkin saja muncul beberapa masalah. Jadi, pastikan kita dapat menunggu dan bersabar menghadapi masalah yang ada. Semakin kompleks rumah, semakin lama juga proses pembuatannya. Untuk rumah tipe sederhana, kita harus menunggu selama 3-6 bulan. Sementara rumah yang dirancang sesuai keinginan kita membutuhkan waktu 18 bulan atau lebih. Bila terdesak memiliki rumah, lebih baik membeli rumah siap huni saja.

  1. Apa saja yang kita inginkan dan butuhkan?

Ketika mempertimbangkan pembangunan rumah, buatlah daftar keinginan dan kebutuhan kita. Di bawah kategori kebutuhan, buatlah kategori “harus dimiliki.” Contohnya seperti mainan untuk di kamar anak serta dapur yang luas. Di bawah kategori keinginan, buatkan daftar barang yang diinginkan, namun tidak akan mempengaruhi pembuatan rumah. Dengan melakukan ini, kita dapat menggunakan budget sesuai kebutuhkan. Bila ada sisa uang, kita dapat menggunakannya untuk barang yang kita suka.

  1. Apakah kita sudah memiliki tanah kosong?

Lihatlah lahan kosong di lingkungan kita dan perkirakan apakah kita dapat membelinya. Harga tanah kosong tergantung pada lokasinya. Selain harga tanah, kita juga harus memperhitungkan biaya tambahannya. Misalnya seperti biaya izin dari pemerintah serta biaya persiapan tanah sebelum konstruksi.

Selain itu, kita juga harus mempelajari lahan yang ingin kita beli. Masalah apa saja yang berpotensi muncul di lahan tersebut? Apakah ada titik yang bagus untuk dibangun? Seberapa sulit proses ekskavasi untuk mempersiapkan pondasi?

  1. Apakah kita sudah memiliki kontraktor atau pemborong?

Memilih jasa pembangun rumah merupakan keputusan terpenting ketika membuat rumah. Ada banyak penyedia jasa pembangun rumah yang dapat ditemukan. Pastikan penyedia jasa yang kita pilih bersikap terbuka dan profesional. Kita dapat menemukan kontraktor atau pemborong yang menawarkan harga murah. Tentu saja ini menarik. Namun, apa jadinya bila ternyata proses pembuatan rumah membutuhkan tambahan biaya? Bila memungkinkan, temukan kontraktor atau pemborong sebanyak mungkin. Carilah yang kriterianya paling sesuai dengan keinginan kita. Merekalah yang nantinya akan bersama kita selama proses pembuatah rumah.

  1. Apakah kita sudah mempertimbangkan pro dan kontranya?

Sebelum membuat keputusan, pastikan kita sudah mempertimbangkan pembuatan rumah dari segala aspek. Bila ternyata lebih banyak kontra, akan lebih baik untuk menunda pembuatan rumah. Kita dapat membeli rumah bekas untuk ditinggali sementara. Setelah budget kita sudah memadai, barulah kita dapat membuat rumah sendiri. Sebaliknya, bila sisi positifnya lebih banyak, kita dapat langsung membuat rumah. Pikirkan juga cara untuk mengantisipasi masalah yang terjadi.

www.moneycrashers.com/questions-ask-build-your-own-house/