Inilah Alasan Mengapa Aki Motor Anda Cepat Rusak

Mengapa Aki Motor Anda Cepat RusakMotor sudah menjadi kendaraan yang amat penting dan vital di masa kini. Hal ini lantaran motor bisa bergerak lebih gesit karena ukurannya yang lebih kecil dibanding mobil. Selain itu harga motor juga masih bisa dibilang terjangkau sehingga masyarakat masih bisa memilikinya. Salah satu spare part motor yang amat penting adalah aki motor. Aki merupakan baterai untuk motor sehingga perannya amat penting. Aki ini memiliki peran untuk bisa menyuplai arus listrik yang dibutuhkan pada sistem di motor itu sendiri misalnya starter, penerangan, klakson hingga sistem pengapian.

Dengan mengetahui peran aki yang amat vital, oleh karena itu jangan sepelekan perawatan akinya. Apabila aki tekor maka hampir semua sistem tersebut tidak akan bisa optimal dari segi kinerjanya. Memang harga aki baru cukup mahal sehingga tak mengherankan jika banyak pengguna motor yang justru mendiamkannya meski aki sudah tidak bisa digunakan. Namun hal ini bisa membahayakan para pengendara sehingga aki memang harus ada.

Tentunya aki yang tekor ini bukan tanpa alasan. Oleh karena itu berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan aki menjadi tekor yang perlu Anda ketahui:

  • Pasang klakson tidak sesuai

Kadang memodifikasi motor menjadi salah satu hal yang amat menyenangkan untuk dilakukan. Salah satu bagian yang tidak bisa dilepaskan adalah klakson pada motor. Ya dengan klakson yang bisa berbeda bunyi maka tak akan mengherankan jika Anda bisa berbeda dari motor kebanyakan. Namun perlu tahu juga jika ketika Anda tidak menggunakan klakson standar pabrik, maka yang terjadi adalah akan menjadikan aki motor cepat tekor.

  • Pasang lampu HID

Pecinta modifikasi juga biasanya tidak akan melepaskan bagian lampu begitu saja. Lampu HID atau High Intensity Discharge ini pun menjadikan aki mudah tekor. Memang keunggulannya adalah nyala di lampu motor kian maksimal dibanding dengan lampu standar pabrik. Namun karena butuh suplay baterai lebih besar, maka tak heran jika aki jadi cepat tekor.

  • Bore up silinder

Melakukan bore up di silinder motor pun bisa menyebabkan aki jadi tekor. Alasan pengguna motor melakukan bore up biasanya adalah untuk meningkatkan cylinder capacity sehingga tenaga yang dihasilkannya bisa kian maksimal. Namun untuk bisa melakukan bore up ini maka akan diikuti juga upgrade di elektrik starternya sehingga jadikan aki bekerja dengan lebih berat.

  • Kiprok rusak

Kejadian kiprok yang rusak ini bisa terjadi pada siapapun. Dan pada kiprok rusak, maka akan bisa menjadikan baterai jadi cepat sekali tekor. Kiprok sendiri merupakan komponen yang berfungsi dalam membatasi tegangan di generatornya. Besaran tegangan di generator ini pun tergantung dari putaran mesin motor. Tak heran peran kiprok ini juga bersambung dengan aki.

  • Konsleting kabel

Bagi Anda para pengguna motor keluaran lawas maka juga perlu mengetahui hal ini. Konsleting kabel adalah hal yang amat sering terjadi dimana komponen kabelnya melemah lantaran sudah terkoyak atau alasan lainnya. Konslet pada kabel ini tentu akan sangat mempengaruhi dari segi kelistrikan sehingga Anda butuh mengganti segera.

Itulah alasan mengapa aki motor Anda bisa mudah tekor. Oleh karena itu jaga selalu kondisi aki Anda. Namun jika memang kondisi aki sudah tidak begitu bagus, maka jangan tunda lagi untuk lakukan penggantian dengan membelinya dari situs belanja online terpercaya.