Kelebihan dan Kekurangan Metode Persalinan Normal dan Caesar

Memiliki anak adalah hal yang dinantikan setiap pasangan suami istri. Mengandung merupakan hal yang membanggakan untuk wanita karena mereka akan merasa sudah benar-benar menjadi wanita yang sesungguhnya jika sudah mengandung dan melahirkan anak. Ada dua cara melahirkan yang kita sama-sama telah ketahui yaitu secara normal dan dengan bantuan full medis atau disebut juga operasi caesar.

Sebagian wanita menginginkan dan berkomitmen dengan persalinan normal namun sebagian lagi bahkan sekitar 46% dari 849 ibu muda di Indonesia memilih persalinan dengan operasi caesar. Bagi Anda yang sedang kebingungan memilih, berikut kami informasikan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode.

  1. Persalinan Normal

Kelebihan Persalinan Normal

Seperti namanya ‘normal’, maka persalinan ini pun paling ideal dan aling banyak dipilih sebagai metode melahirkan. Selanjutnya, persalinan normal ini minim risiko, contohnya saja pendarahan yang tidak berlebihan. Proses pemulihan setelah masa persalinan pun lebih cepat. Tubuh dan rahim ibu pun secara normal akan mengalami penyembuhan sendiri. Rahim melalui proses alaminya akan kembali ke bentuknya semula. Ditambah lagi, bayi yang lahir secara normal memiliki dya tahan tubuh terhadap alergi yang jauh lebih tinggi.

Kekurangan Persalinan Normal

Sebagian ibu ada yang mengalami trauma nyeri persalinan. Penyayatan yang terjadi pada sebagian area kewaniaan yang secara medis disebut ‘episiotomi’ pun dapat mengakibatkan keelasisannya berkurang. Kemungkinan selanjutnya, ibu mengalami kerulitan duduk dan berdiri selama seminggu.

  1. Persalinan Caesar

Kelebihan Persalinan Caesar

Sebenarnya, persalinan dengan operasi caesar ini adalah sebuah option atau cara terakhir ketika indikasi medis membuat persalinan normal menjadi berisiko tinggi. Kebanyakan operasi caesar yang dilakukan dengan menggunakan bius lokal dan ibu dapat melahirkan dalam keadaan sadar dan oleh karena itu, Anda bisa segera menyusui bayi dengan Inisiasi Menyusui Dini segera setelah operasi. Kelebihan lainnya risiko peregangan otot-otot dasar panggun berkurang karena tidak ada proses mengejan.Metode Persalinan Normal dan Caesar

Kekurangan Persalinan Caesar

Kekurangan dari metode ini adalah ibu dapat merasakan nyeri hebat yang kadarnya berbeda-beda untuk setiap orang beberapa hari pasca melahirkan. Proses pemulihan pun lebih lama. Obat bius di tulang punggung pun dapat membuat ibu mengalami rasa pusing yang cukup hebat di kemudian hari. Biaya yang diperlukan pun lebih mahal.

Demikianlah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dua metode melahirkan. Sebenarnya, segela hal memang mempunyai risiko dan keuntungannya msing-masing. Sebelum memutuskan, perhatikan dan konsultasikan keadaan tubuh dan kondisi kesehatan Anda.