Kenali 7 Tanda Utama Anak Sehat

Kesehatan anak adalah salah satu hal yang menyedot banyak sekali perhatian orang tua. Terlebih bagi mereka yang termasuk orang tua baru yang baru mendapat momongan. Di awal-awal, sebagian besar orang tua pasti merasa khawatir mengenai tumbuh kembang dan kecukupan gizi anak. Memang sudah seharusnya orang tua peka pada kebutuhan gizi anak. Berikut ini beberapa tanda yang menunjukkan bahwa gizi anak Anda telah terpenuhi.

  • Mengalami Pertumbuhan

Anak yang sehat adalah anak yang mengalami pertumbuhan pada berat dan tinggi badannya seiring bertambahnya usia. Anda bisa membandingkan sendiri berat dan tinggi badannya dengan anak-anak sehat seusianya. Pertumbuhan yang berlebihan bukan serta-merta baik, loh.

  • Memiliki Rambut Kuat dan Berkilau

Tanda anak sehat selanjutnya bisa dilihat pula dari rambutnya. Keadaan rambut yang buruk juga bisa mengindikasikan adanya sesuatu yang buruk pula pada kesehatan anak.

  • Nafsu Makan dan BAB Teratur

Anak yang sehat tentu tidak akan ada masalah dengan nafsu makannya serta BAB-nya teratur. BAB yang teratur menunjukkan bahwa metabolisme tubuh anak baik dan mengindikasikan bahwa anak sedang dalam kondisi sehat.

  • Tidur Nyenyak

Tidur nyenyak ini menandakan bahwa kesehatan anak tidak bermasalah. Kalau bisa orang tua juga membiasakan anak untuk tidur tanpa menggunakan lampu sejak kecil karena dengan begitu, semua organ tubuhnya dapat beristirahat secara maksimal.

  • Memiliki Bibir Segar, Mata Bening dan Wajah yang Ceria

Jika anak Anda termasuk anak pemalu atau mudah marah, maka Anda patut berhati-hati. Tanda anak sehat juga tampak jelas dengan wajahnya yang ceria, bibir segar dan lembab serta mata yang bening karena tercukupinya asupan gizi.Kenali 7 Tanda Utama Anak Sehat

  • Kulit Mulus dan Kuku Bersih

Tidak tercukupinya asupan gizi pada anak khususnya pada vitamin A dan E bisa dilihat dari kondisi kulit dan kukunya. Pastikan anak Anda memiliki kulit mulus dan kuku yang bersih.

  • Berbicara Lancar dan Bergerak Aktif

Anak-anak memang sudah sewajarnya mengandalkan sistem motoriknya. Jika anak Anda bergerak aktif dan berbicara dengan lancar maka berarti sistem motoriknya bekerja dan dengan kata lain anak berada dalam kondisi sehat.

Demikianlah beberapa tanda utama anak sehat yang penting sekali untuk diketahui setiap orang tua. Ajarkanlah anak pola hidup sehat sejak kecil. Berikanlah makanan sehat dilengkapi dengan makanan berserat tinggi. Didiklah ia secara kreatif mengenai pentingnya menjaga kesehatan. Selamat mengenali tanda kesehatan anak!