Keuntungan Obligasi Pemerintah

Memang saat ini sedang marak yang namanya investasi. Sepertinya masyarakat mulai sadar akan pentingnya berinvestasi untuk masa depan. di tengah maraknya investasi, jenis investasi yang populer adalah investasi reksa dana. Namun, tahukah Anda ada satu investasi yang juga tak boleh Anda pandang sebelah mata, yakni investasi obligasi. Bagi Anda yang belum tahu, obligasi merupakan suatu bentuk investasi yang berupa surat penyertaan yang kita beli dari penerbit, kemudian kita akan mendapatkan kupon bunga di mana bunga ini akan dibayarkan secara berjangka oleh pihak penerbit. Penerbit obligasi biasanya adalah pemerintah. Bagi Anda yang tertarik dengan investasi jenis ini, ada beberapa keuntungan yang perlu Anda ketahui sebelum memulainya. Berikut beberapa keuntungan pada obligasi pemerintah di antaranya.

Obligasi Bisa Memberikan Penghasilan Tetap

Dengan memiliki kupon bunga dari surat obligasi yang telah kita beli, kita akan mendapatkan uang dengan jumlah nominal tertentu sesuai dengan yang tertera pada kupon bunga tersebut. pemegang surat obligasi akan mendapatkan bunga terus-menerus hingga masa berlaku surat obligasi tersebut habis. mungkin Anda berpikir investasi obligasi tidak tidak begitu berbeda dengan menabung atau menyerahkan deposito pada bank. Polanya memang sedikit sama, tapi berbeda dari besarnya bunga yang ditawarkan. Dibanding dengan bunga deposito bank, suku bunga dari kupon surat obligasi relatif lebih besar. Bunga ini tentunya bisa Anda jadikan sebagai penghasilan tetap tambahan di luar penghasilan utama, bukan?

Keuntungan Obligasi Pemerintah

Surat Obligasi Dapat Diperjualbelikan

Jika Anda sebagai pemegang surat obligasi pemerintah ingin menjualnya kepada pihak lain, itu bisa dilakukan. Semisal jika Anda telah berinvestasi dengan obligasi selama bertahun-tahun lalu tertantang untuk mencoba investasi lainnya seperti reksa dana, maka Anda bisa menjual surat obligasi yang anda miliki tersebut. Anda bisa menjualnya di bursa efek Indonesia atau pasar sekunder. Tidak menutup kemungkinan, harga jual yang Anda dapatkan akan lebih tinggi ketika Anda membelinya dulu. Di sinilah keuntungan obligasi yang bisa Anda dapatkan selain penghasilan tetap per bulan. Istilah ini disebut dengan capital gain, yakni keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penjualan obligasi.

Namun, Harga Obligasi Pemerintah Bisa Saja Turun

Setelah kita mengetahui keuntungan dari berinvestasi dengan obligasi pemerintah, ada baiknya Anda juga mengetahui beberapa risiko yang mungkin akan Anda dapatkan dalam hal ini. seperti yang kita tahu bahwa kondisi ekonomi tidak akan selamanya sama, yang mana hal ini akan berdampak pada obligasi pemerintah. Kondisi ekonomi bisa mempengaruhi tingkat suku bunga, yang mana perubahan fluktuatif pada suku bunga ini akan berimbas pada harga obligasi pemerintah. Kondisi suku bunga berbanding terbalik dengan harga obligasi. Jika suku bunga bank turun maka harga obligasi akan naik, sebaliknya jika harga obligasi akan turun jika suku bunga bank naik. Jadi, sebelum mulai berinvestasi dengan obligasi ini, sebaiknya Anda bisa memprediksi kapan kira-kira suku bunga akan naik atau turun, untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Tingkat Risiko Rendah

Setiap jenis investasi memiliki tingkat keuntungan dan kerugian yang berbeda-beda. Semakin besar keuntungan yang diperoleh maka semakin besar juga risiko yang mungkin akan Anda dapatkan. Sebaliknya, semakin kecil risiko yang mungkin akan Anda terima maka semakin kecil hasil yang bisa Anda peroleh. Dibandingkan investasi lainnya, obligasi memang tidak bisa memberikan keuntungan yang berlimpah tetapi perlu diperhatikan bahwa investasi jenis ini sangat minim risiko. Hal ini disebabkan karena obligasi menyertakan perjanjian yang Menyatakan bahwa pihak peminjam akan membayarkan bunga secara konsisten pada investor. Meskipun ada kemungkinan, pihak peminjam tidak mampu membayar bunga ataupun uang pokok obligasi itu sendiri, namun hal tersebut hampir jarang terjadi.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba investasi ini, silahkan kunjungi laman Obligasi dari DBS. Obligasi ini diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia dan dijual seharga satu juta rupiah per unitnya. Anda pun bisa memilih nominalnya dalam Rupiah maupun Dolar Amerika. Karena sudah dijamin oleh pemerintah, maka Anda tak perlu khawatir dengan bunga yang pasti akan dibayarkan setiap jatuh tempo pembayaran.