Lakukan 6 Cara Ini agar AC Tidak Cepat Rusak

Penggunaan AC di sebuah wilayah dengan cuaca hangat seperti di negara kita ini memang merupakan hal yang sangat tepat. Pasalnya, suhu yang panas dan membuat kita berkeringat pasti akan membuyarkan konsentrasi dan membuat kita cepat lelah. Berbeda halnya jika ruangan kita menggunakan AC.

Selain sebagai pendingin udara, AC juga berfungsi untuk memfilter udara sehingga udara yang kita hirup di ruangan ber-AC akan jauh lebih sehat. Sayangnya AC terkesan cepat mengalami gangguan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran dalam perawatannya. Walaupun sudah tersedia banyak sekali jasa service AC apalagi service AC Jakarta Selatan atau daerah Jawa, Anda tetap harus merawat AC dengan 7 macam cara seperti di bawah ini.

  1. Nyalakan AC Hanya di Ruangan yang Tertutup Rapat

Hal pertama ini pasti sudah Anda ketahui sebelumnya. Namun kenyataannya, masih saja ada yang lalai membiarkan pintu ruangan terbuka padahal ruangannya ber-AC yang seharusnya perlu selalu ditutup.

Alasannya sederhana saja, ruangan yang tidak tertutup rapat akan membuat AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Hal ini akan membuat mesin AC cepat rusak.

  1. Jangan Set Suhu di Bawah 220C

Pengaturan suhu ruangan ternyata juga dapat berpengaruh terhadap keawetan AC Anda. Memang AC bisa diatur untuk memberikan suhu sesuai yang Anda mau, tetapi jika Anda menginginkan AC yang tidak cepat rusak, Anda sebaiknya tidak sering-sering mengatur suhu di bawah 22 derajat. Suhu 22 derajat ini sudah merupakan suhu standar yang pas diterapkan di negara kita.

Lakukan 6 Cara Ini agar AC Tidak Cepat Rusak

  1. Istirahatkan AC

Penggunaan AC sebaiknya tidak dilakukan secara non stop 24 jam. Anda sebaiknya hanya menggunakannya maksimal dalam waktu 5 jam dan setelahnya matikan AC untuk memberikan waktu istirahat pada mesin. AC pun sudah dilengkapi dengan fitur timer yang akan sangat mempermudah Anda dalam mengatur waktu penggunaan AC.

  1. Bersihkan Filter AC

Cara di atas masih tidak cukup dalam membuat AC tahan lama. Anda juga harus membersihkannya secara rutin. Pertama, rajin-rajinlah membersihkan filter AC paling tidak selama satu atau dua bulan sekali. Jika tidak, maka debu akan menumpuk pada bagian filter dan kemudian dapat menghalangi aliran udara. Aliran udara yang terhalang akan berdampak buruk bagi fungsi AC Anda.

  1. Bersihkan Kumparan AC

Selain filter, Anda juga harus memperhatikan bagian kumparan AC karena debu bisa saja menumpuk di bagian kumparan ini. Debu yang menumpuk tersebut lama-lama akan membuat fungsi AC untuk menyerap panas semakin berkurang. So, bersihkanlah bagian kumparan secara rutin.

  1. Service Secara Rutin

Cara-cara di atas merupakan cara umum yang paling mudah yang bisa Anda lakukan sendiri demi menjaga keawetan AC. Terakhir, Anda tentu tidak bisa lepas dari teknisi AC alias ahli service AC. AC ini sifatnya seperti motor yang perlu di-service secara rutin untuk menjaga kualitasnya.

Anda tidak perlu pusing mencari jasa service karena telah tersedia banyak sekali jasa service AC Jakarta Selatan dan di daerah lainnya yang bisa Anda pilih sesuka hati. Selain itu, para penerima jasa service ini biasanya juga menyediakan jasa cuci AC yang semakin mempermudah Anda.

Demikianlah pembahasan mengenai cara yang harus Anda lakukan agar AC tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.