Lengkapi Nutrisi Tubuh Agar Tetap Sehat Saat Puasa

Puasa tidak lantas membuat tubuh anda menjadi lesu dan malas beraktifitas. Justru sebaliknya puasa seharusnya dilakukan dengan semangat karena ganjaran pahala yang langsung diberikan Allah. Meskipun cuaca panas dan tidak boleh makan dan minum seharian tetap ada asupan nutrisi dalam tubuh sebagai bekal untuk melakukan aktifitas selama puasa. Dengan melengkapi nutrisi tubuh tersebut dijamin kamu akan tetap sehat saat puasa, tidak percaya? Yuk, intip caranya.

Makan sahur dengan makanan yang bergizi

Sahur merupakan sunah yang untuk berpuasa. Sebab yang membedakan puasa agama islam dengan yang lain adalah sahur. Sahur memiliki waktu yaitu sejak tengah malam hingga adzan subuh. Dalam rentang waktu selama itu waktu yang paling baik untuk sahur adalah yang mendekati waktu imsak.
Usahakan sahur dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi, kurang lemak jenuh dan kurangi minyak. Makanan yang segar sangat di sarankan karena kandungan gizinya belum terurai. Cukupi tubuh dengan air putih dan susu untuk melengkapi makan sahurmu.

Makan sahur dengan makanan yang bergizi

Ambil waktu untuk tidur siang

Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Maksudnya bukan tidur seharian selama puasa ya. Ingat ketika kamu tidur terlalu lama dan bermimpi yang macam-macam itu akan mengurangi nilai ibadah puasamu. Dan perlu diingat bahwa setan selalu menggoda pun ketika kamu tidur. Yang dimaksud tidur siang ini adalah mengganti waktu malam yang banyak digunakan untuk ibadah. Waktu yang tepat untuk tidur siang adalah selepas zuhur hingga ashar.

Segerakan berbuka jika sudah masuk waktu dengan makanan yang sehat

Tidak jarang kita menjadi kalap inigin memakan semua makanan yang dilihat saat berpuasa. Hal ini wajar mengingat rasa lapar seringkali memicu keinginan untuk makan berlebih ketika berbuka. Namun jika kamu berpuasa dengan niat hanya karena Allah niscaya keinganan untuk melahap semua makanan tersebut dapat di cegah.

Ambil menu berbuka seperlunya saja tidak perlu menghabiskan semua sebab kamu boleh makan sampai waktu imsak. Berbukalah dengan kurma dan air putih kemudian boleh lanjutkan dengan yang lain saat selesai sholat maghrib.

Kurangi aktifitas yang tidak perlu di luar rumah selama berpuasa

Mengurangi aktifitas yang tidak perlu di luar rumah selama berpuasa selain untuk menjaga ibadah puasa dapat juga menyelamatkan dompetmu dari kebobolan yang tidak di rencanakan. Isi waktu siang hari dengan beristirahat karena kamu sedang berpuasa.