Rekomendasi MPASI Pertama untuk Bayi Usia 6-8 Bulan

Rekomendasi MPASI Pertama untuk Bayi Usia 6-8 Bulan

Setiap orang tua pasti memiliki keinginan agar anaknya dapat segera mengonsumsi makanan lain selain dari ASI. Makanan ini biasa disebut dengan MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Untuk memberikan MPASI pertama memang agak sulit karena bayi harus melakukan penyesuaian terlebih dahulu. Oleh sebab itu, pemberian MPASI ini sebaiknya dilakukan secara bertahap tiap bulan. Berikut ini akan dijelaskan MPASI sesuai dengan usia bayi.

MPASI untuk Usia 6 Bulan

Untuk bayi usia 6 bulan, sebaiknya Anda memberikan makanan cukup 2 atau 3 kali saja sehari dengan porsi 3 sendok setiap makan. Tekstur makanan yang direkomendasikan untuk bayi usia ini adalah yang cenderung lembut dan lunak karena organ pencernaan bayi belum bisa berfungsi maksimal. Gigi mereka pun belum tumbuh sempurna. Dengan tekstur yang lembut, bayi tidak akan kesulitan untuk melembutkan makanan tersebut.
Mengenai contoh menu MPASI yang disarankan untuk bayi usia 6 bulan, Anda bisa memberikan nasi tim dengan campuran ayam dan sayur sawi. Untuk membuatnya, buat bubur terlebih dahulu dengan beras putih. Kemudian, tambahkan sawi rebus, 2 sendok makan ayam suwir yang sudah diblender, dan sedikit garam. Masak hingga mendidih dan diamkan sampai agak dingin untuk diberikan pada bayi.

MPASI untuk Usia 7 Bulan

Frekuensi dan porsi makan untuk bayi usia 7 bulan masih hampir sama dengan usia 6 bulan, yakni sekitar 2 atau 3 kali setiap hari dengan tetap memberikan ASI secara rutin. Bayi boleh juga diberikan camilan 1 atau 2 kali di sela-sela mengonsumsi MPASI. Porsi MPASI ini bisa sedikit ditingkatkan secara bertahap. Sediakan porsi setengah mangkuk atau setara setengah gelas air mineral ukuran 250 ml.
Tekstur makanan untuk usia ini boleh lebih kental daripada sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk membiasakan bayi melatih keterampilan memproses makanan di mulutnya. Contoh menu MPASI untuk usia 7 bulan adalah rebusan wortel, kentang, dan daging sapi. Perlu diingat, semua bahan tersebut harus dihaluskan hingga mendapat tekstur yang lunak.

MPASI untuk Usia 8 Bulan

Frekuensi pemberian MPASI untuk bayi usia 8 bulan adalah sekitar 3 kali per hari dengan porsi 3 sendok makan hingga setengah gelas air mineral ukuran 250 ml. Camilan tetap diperbolehkan dengan frekuensi 1 atau 2 kali setiap hari, di sela-sela waktu makan utama. Biasanya bayi sudah sedikit terbiasa dengan makanan lembut. Oleh sebab itu, diperbolehkan untuk memberikan makanan dengan tekstur yang lebih tebal.
Contoh menu MPASI untuk usia 8 bulan adalah nasi tim dengan sawi putih. Untuk membuatnya, rebus sawi putih sampai matang dan masak nasi hingga membentuk tekstur yang lembut seperti pada MPASI usia 6 bulan. Kemudian, masukkan sawi ke blender dan campur dengan nasi.
Itulah beberapa MPASI yang direkomendasikan untuk bayi mulai usia 6 hingga 8 bulan. MPASI tetap harus diberikan secara bertahap hingga bulan-bulan berikutnya sampai bayi benar-benar bisa memproses makanan dengan tekstur yang lebih padat.