Tips Menjaga Kesehatan Fisik bagi Penderita Hepatitis C

Tips Menjaga Kesehatan Fisik bagi Penderita Hepatitis C

Hepatitis tipe C merupakan infeksi virus yang terjadi pada organ hati. Kebanyakan hepatitis tipe C terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Penderita penyakit ini membutuhkan beragam pengobatan guna mencegah terjadinya komplikasi serius. Nah berikut merupakan beberapa cara mudah menjaga kesehatan fisik bagi para penderita penyakit hepatitis C.

Menerapkan Pola Makan Sehat

Bagi para penderita hepatitis C, sangat penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan bernutrisi dan menerapkan pola hidup sehat guna menurunkan risiko hepatitis tipe C yang siap berkembang merusak fungsi hati. Pilihan jenis makanan yang bisa Anda konsumsi adalah gandum, buah-buahan, susu low-flat, sayuran, hingga berbagai makanan yang kaya akan protein.

Mengatasi Hilangnya Nafsu Makan

Ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat mengonsumsi obat-obatan hepatitis tipe C. Salah satunya adalah menurunnya nafsu makan. Guna mengurangi rasa lemas akibat kurang makan, pastikan Anda selalu mencoba untuk makan sedikit demi sedikit namun sering. Meski demikian, penting bagi Anda untuk menghindari makanan pedas atau asam.

Hindari Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Hepatitis tipe C akan menurunkan fungsi hati untuk menghancurkan alkohol dan membuang produk racun yang bersarang pada tubuh Anda. Jika Anda tetap mengonsumsi minuman beralkohol meski sudah menderita hepatitis C, maka hati Anda akan semakin rusak. Untuk itu sangat tidak dianjurkan bagi para penderita hepatitis tipe C mengonsumsi alkohol.

Beraktivitas Fisik Secara Aktif

Jika Anda menderita hepatitis tipe C, pastikan untuk rutin berolahraga guna meningkatkan kualitas tubuh Anda sekaligus mengatasi efek samping akibat obat-obatan yang Anda minum. Olahraga yang paling ideal untuk Anda adalah aktivitas yang dilakukan dalam tempo stabil. Contohnya jalan kaki atau berenang. Selain itu, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Menjaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Jika Anda kelebihan berat badan, hal ini hanya akan menyebabkan lemak semakin bertumpuk dan membuat hati Anda semakin parah. Namun sebaliknya, berat badan yang ideal mampu mengatasi masalah tersebut. Untuk itu, pastikan Anda selalu menjaga berat badan agar tetap stabil. Selain itu, hindari juga diet ekstrem, sebab hal ini hanya akan menimbulkan ketegangan pada organ hati.

Atasi Demam dan Rasa Sakit

Salah satu efek samping penggunaan obat-obatan hepatitis tipe C yang paling umum terjadi adalah gejala seperti Anda terserang flu. Untuk meredakan demam tersebut, pastikan Anfas perbanyak konsumsi air putih dan mandi dengan air hangat. Sedangkan untuk mengurangi rasa sakit pada otot, Anda bisa pijat pada bagian yang sakit dan kompres menggunakan air hangat.

Kebanyakan orang yang menderita penyakit hepatitis C cenderung memiliki umur yang panjang. Sebab biasanya hepatitis tips C tidak menunjukkan gejala selama berpuluh-puluh tahun. atau bahkan gejala tersebut sama sekali tidak dirasakan. Untuk itu, pastikan Anda mulai menerapkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang.