Waspadai penyebab skoliosis pada anak

Waspadai penyebab skoliosis pada anakSkoliosis adalah kondisi pada bagian punggung tulang belakang melengkung dan bisa dikatakan sebagai kelainan (tidak normal). Kasus di tandai dari usia pada anak sebelum masa pubertas mendekati remaja. Kelainan tergolong ringan akan tetapi harus diwaspadai sejak awal  dan dianjurkan untuk segera menjalani X-ray agar tingkat keparahan dalam  perkembangnya.

Kelainan pada saat dewasa jika tulang belakang melengkung memberikan tingkat keparahannya serta akan  merasakan bagaimana sulitnya bernapas dan sering timbulnya rasa nyeri pada punggung. Pada hal ini memang adanya kelainan mengakibatkan kinerja paru-paru akan terganggu. Kondisi akan semakin parah mengikuti  bertambahnya usia pada anak.

Pada pengobatan skoliosis semua tergantung pada faktor yang menjadi penyebabnya. Adapula jenis pengobatan dalam besarnya tingkat keparahan pada lengkungan tulang belakang penderita, faktor penyebab, antara lain:

  1. Usia

Pada banyaknya kasus yang dapat di temui dari penderita yang sudah mencapai usia anak-anak dan remaja. Tetapi dalam hal ini tidak sedikit yang mempunyai kelainan ini pada bayi dan lansia. Untuk  pemeriksaan dapat di yakini lebih dini memperhatikan anak hingga berusia remaja untuk bisa di tangani lebih awal jika mengalami kondisi yang sepeti ini. Tingkatan keparahan dapat dilihat tingkat lengkungannya.

Penderita masih dalam masa pertumbuhan untuk dapat dipastikan pengukurannya. Biasanya dalam kasus di lihat dari tingkat usia menjelang remaja di usia 10-15 tahun. Jumlah dan jenis lengkungan bisa dilihat dari tingkat keparahan. Jenis skoliosis dari tulang melengkung saat masa pertumbuhan tidak mengakibatkan rasa nyeri. Jika lengkungan pada tubuh sudah merasakan rasa nyeri harus segera dilakukannya terapi dengan disebutnya fisioterapi.

Adanya prosedur yang diberikan pada ahli medis bertujuan memberikan  penyembuhan pada lengkungan agar lurus kembali, pada penanganan awal pemeriksaan yang telah dilakukan akan diberikan obat antinyeri apabila penderita mengalami rasa kesakitan pada punggung

Namun pada pemeriksaan jika adanya lengkungan pada pemeriksaan yang dilakukan dokter akan memberikam pilihan penanganan dengan alat bantu berupa pemasangan bracing dan juga operasi.

  1. Jenis kelamin

Kondisi ini lebih banyak di alami sebagian besar  perempuan dari pada laki-laki. Saat ini kondisi penderita memang belum bisa di pastikan penyebab utamanya.

  1. Faktor keturunan

Dalam keadaan yang bisa di hindari. Resiko apapun dapat menyerang kapan saja. Besarnya tingkatan juga banyak ada yang lebih parah akan di tangani secara serius dan faktor genetik masih menjadi perbincangan adanya Skoliosis di timbulkan oleh kalangan anak-anak lebih sering

Adapula perubahan gaya hidup untuk bisa memberi pengobatan juga mengatasi Skoliosis. Pada dasarnya penyangga dalam alat bantu yang sering di sebut brace ialah penahan tulang punggung menurut anjuran dokter. Pada proses yang ditangani akan terasa menyakitkan, berusaha agar tetap menjalani terapi fisik atau fisioterapi dengan alat bantu brace. Ada 2 jenis brace tang dapat membantu, (1) Underarm adalah bahan brace terbuat dari plastik dan menempel menyerupai tubuh. Jenis ini digunakan untuk mengatasi lengkungan tulang belakang pada bagian bawah.(2) Milwaukee pada brace jenis  ini digunakan pada dari leher dan menutupi seluruh bagian torso, kecuali lengan dan kaki.

Pemeriksaan pada anak secara lebih awal akan membantu pengaruh buruk dan juga bisa lebih awal mendeteksi komplikasi skoliosis. Pada hal ini kelainan tulang belakang patut di waspadai jika mengalami nyeri akan di tangani secara serius oleh dokter ahli agar bisa di lakukan pemeriksaan secara lanjut.

Referensi:

alodokter.com

hellosehat.com

halodoc.com

Referensi gambar:

wanitaindonesia.co.id