Dapatkan Nutrisi untuk Perkembangan Otak Anak dari 7 Makanan Ini

Dapatkan Nutrisi untuk Perkembangan Otak Anak dari 7 Makanan Ini

Pada periode emas si kecil, sebaiknya Anda harus mengoptimalkan semua tumbuh kembangnya. Pertumbuhan otak anak juga tak boleh luput. Anda harus memberi asupan bernutrisi khusus untuk meningkatkan kecerdasannya. Berbagai asupan berikut ini perlu dikonsumsi karena kaya nutrisi untuk perkembangan otak anak. Anda dapat menyajikannya setiap hari dan kreasikan.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah bahan makanan pokok yang harus dikonsumsi si kecil setiap harinya. Kandungan asam folatnya sangat bagus untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak. Anda bisa memberikan sayur bayam, sawi, kol, atau brokoli sebagai asupan sehatnya. Sayuran berdaun hijau tersebut juga kaya antioksidan dan zat besi yang membantu pertumbuhan sel-sel otak.

  1. Kacang dan Biji-bijian

Asupan sehat berikutnya adalah kacang dan biji-bijian. Dengan memberikan asupan ini, Anda akan memenuhi kebutuhan protein dan asam amino yang berperan mengoptimalkan perkembangan sel saraf. Daya ingat anak akan semakin kuat karena sel-sel saraf di otaknya berfungsi optimal.

Kacang dan biji-bijian juga mengandung antioksidan yang membantu merawat sel-sel halus pada otak dan menjaga neuron dari efek radikal bebas. Dengan demikian, terdapat pencegahan gangguan akibat radikal bebas. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa mengolahnya menjadi sayur ataupun camilan sehat.

  1. Telur

Telur adalah sumber protein hewani yang tentunya disukai anak-anak. Berbagai olahan telur dapat Anda berikan kepada si kecil untuk memenuhi kebutuhan protein yang mampu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel saraf otak. Telur juga mengandung kolin yang mampu mengoptimalkan koordinasi antara otak dengan seluruh anggota tubuh, sehingga lebih responsif.

  1. Daging Merah

Sebagai sumber protein hewani, daging merah sangat penting dikonsumsi si kecil. Anda bisa memasaknya ataupun mengolahnya menjadi lauk lezat sesuai kreasi guna mengoptimalkan tumbuh kembang sel-sel saraf otak anak. Daging merah juga kaya akan zat besi yang berfungsi mengoptimalkan perkembangan fungsi otak sekaligus menjaga kestabilan sistem imun.

  1. Ikan Salmon

Jenis ikan yang satu ini sangat berkhasiat untuk mendukung kecerdasan anak. Salmon mengandung asam lemak esensial yaitu omega-3 yang sangat berperan dalam perkembangan otak. Daya fokus dan daya ingat anak menjadi semakin kuat jika sejak kecil diberikan asupan ikan salmon ini.

  1. Buah-Buahan

Buah-buahan segar sangat dibutuhkan untuk antioksidan. Anda bisa memberikan buah beri (stroberi, bluberi, atau raspberi), apel, jeruk, dan buah lainnya yang banyak mengandung antioksidan. Buah yang kaya vitamin C juga sangat baik mendukung kekuatan sistem imun.

  1. Susu dan Yoghurt

Susu dan yoghurt adalah dua minuman sehat yang perlu dikonsumsi anak. Kandungan protein, vitamin B, dan vitamin D di dalamnya sangat bermanfaat dalam mendukung pertumbuhan jaringan otak anak. Keduanya juga mengoptimalkan perkembangan fisik, kesehatan pencernaan, juga daya tahan tubuh anak.

Itulah rangkaian asupan sehat untuk si kecil agar kecerdasannya terbentuk sejak dini. Pengoptimalan perkembangan otak memang sangat penting demi masa depannya kelak. Pemenuhan nutrisi untuk perkembangan otak anak dapat dipenuhi dengan mengolah bahan makanan di atas menjadi aneka menu lezat. Tujuannya agar anak tidak bosan mengonsumsinya.